Kamis, 17 Desember 2015

GRAND DESIGN OSIS SMK KARYA BAHANA MANDIRI


1.       Pendahuluan
Tidak ada yang memungkiri bahwa segala poros perubahan di Indonesia terjadi karena diawali oleh  gerakan pemudanya. Pemuda yang selalu semangat untuk melakukan perubahan yang berlandaskan intelektual, juga selalu dikaitkan atau direpresentasikan dengan pemuda. Pemuda Indonesia menempati posisi yang strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peran dan fungsi pemuda seperti agent of change, iron stock, moral force, dan social control yang disematkan memiliki arti internalisasi tersendiri yang menjadi ruh pergerakannya.
OSIS adalah salah satu wadah potensial yang mampu mengarahkan siswa-siswinya menjadi pemuda yang kelak akan melanjutkan estafet pembangunan bangsa Indonesia. Karena dalam kegiatan OSIS melibatkan siswa-siswinya untuk melaksanakan segala kegiatan kesiswaan dan disinilah sarana yang tepat untuk mencetak generasi yang unggul, amanah, dan bertanggungjawab. Dengan adanya OSIS, diharapkan memberikan kontribusi terhadap bangsa ini melalui siswa-siswinya yang telah digembleng untuk kelak menjadi pemimpin bangsa ini di tengah krisis moral yang melanda bangsa Indonesia.

2.       Landasan dan Dasar Hukum
2.1. Landasan
1.       Landasan Idiil                                     : Pancasila
2.       Landasan Konstitusional                    : UUD 1945
3.       Landasan Operasional                        : AD/ART OSIS dan Tri Dharma Siswa

2.2. Dasar Hukum
1.       Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.       Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.
3.       Peraturan Pemerintah 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.
4.       Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik IndonesiaNomor 125/N/2002 tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Belajar di Sekolah.
5.       Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan Bakat Istimewa.
6.       Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

3.       Visi
  “Menjadi Teladan yang Prestatif, Amanah, Berbudi Luhur dan Menginspirasi dalam Rangka Mewujudkan Lingkungan Sekolah Unggul yang Siap Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN”
4.       Misi
1.       Menggali potensi siswa-siswi di bidang akademik maupun non akademik dan mengarahkannya pada berbagai kompetisi yang terkait.
2.       Meningkatkan skill managerial anggota OSIS dengan mengadakan pendampingan dan pelatihan secara berkala.
3.       Melakukan controlling secara berkala pada anggota dalam aspek pengetahuan, integritas, profesionalisme, tanggung jawab, kerja tim dan leadership
4.       Aktif mengadakan kampanye gerakan kebaikan dalam bentuk media cetak maupun media online
5.       Mengadakan berbagai kegiatan yang mendukung gerakan “SMK KBM SIAP MENGHADAPI MEA”

5.       Tujuan
Sesuai dengan Permendiknas Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan Bab I Pasal 3 Ayat 2, tujuan dari Program OSIS untuk mencapai visi diantaranya adalah :
1.     Mencetak siswa-siswi yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan yang Maha Esa menuju pribadi yang religious.
2.       Mencetak siswa-siswi yang berbudi pekerti luhur
3.       Mewujudkan siswa-siswi yang berkepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan bela Negara
4.       Menggali potensi siswa-siswi di bidang akademik maupun non akademik dan mengarahkannya pada berbagai kompetisi yang terkait dalam rangka mewujudkan siswa-siswi prestatif
5.       Menciptakan iklim demokratis, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, mengetahui dinamika politik, cinta lingkungan dan memiliki kepekaan serta toleransi social dalam konteks masyarakat plural di lingkungan sekolah.
6.       Mewujudkan siswa-siswi yang kreatif, terampil dan berjiwa wirausaha.
7.       Mewujudkan siswa-siswi yang berkualitas jasmani, kesehatan dan gizi
8.       Menciptakan iklim cinta Bahasa Indonesia
9.       Mewujudkan siswa-siswi yang mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi
10.   Meningkatkan kemapuan bahasa asing siswa-siswi dalam rangka “SMK KBM SIAP MENGHADAPI MEA”
6.       Implementasi Program
     
Statement Visi
Statement Misi
Program Implementasi Visi
     “Menjadi Teladan yang Prestatif”
       Menggali potensi siswa-siswi di bidang akademik maupun non akademik dan mengarahkannya pada berbagai kompetisi yang terkait.

1.       TeKat (Telusur Minat dan Bakat)
    Program ini berupa Pendataan Track Record prestasi dan Minat Bakat siswa kemudian mengarahkannya untuk bergabung ke club atau ekskul yang mendukung prestasi dan atau minat bakatnya. Program ini bekerja sama dengan BP.
2.       UFO (Update InFo Lomba)
       Mengarahkan siswa-siswi yang berpotensi dalam bidang akademik maupun non akademik untuk mengikuti berbagai kompetisi yang terkait. Berbagai info ter-update mengenai perlombaan akan disosialisasikan melalui madding
3.       Kreasi (Kelas Inspirasi)
     Mengondisikan siswa-siswi KBM agar tetap semangat, menjaga attitude dan menjadi teladan satu sama lain dengan mengadakan kelas inspirasi yang dipandu oleh motivator, secara berkala.
     “Menjadi Teladan yang Amanah dan Berbudi Luhur”
   Melakukan controlling secara berkala pada anggota dalam aspek pengetahuan, integritas, profesionalisme, tanggung jawab, kerja tim dan leadership

1.       RaTap (Rapot Staff)
      Rapot Staff atau anggota merupakan upaya yang dilakukan untuk menjaga kinerja anggota. Dengan adanya rapot anggota para anggota OSIS diharapkan akan mencapai kepribadian OSIS yang berbudi luhur. Aspek yang dituju diantaranya pengetahuan, integritas, profesionalisme, tanggung jawab, kerja tim dan leadership.
2.       Stuard (Staff Award)
           Adanya apresiasi kepada anggota OSIS akan meningkatkan iklim kompetisi antar anggota OSIS dalam melakukan kebaikan. Adanya apresiasi ini diharapkan mampu mencapai visi OSIS untuk menjadi teladan dan berbudi luhur. Program ini dilaksanakan per bulan dengan memberikan predikat “Hero This Month” pada anggota OSIS terbaik.

   “  Menjadi Teladan yang Amanah dan Berbudi Luhur”
  Meningkatkan skill managerial anggota OSIS dengan mengadakan pendampingan dan pelatihan secara berkala.

     Latihan Kepemimpinan dan Manajerial Siswa (LKMS)
  Program ini merupakan sarana untuk pembekalan dan meng-upgrade ketrampilan siswa dalam hal kepemimpinan serta manajemen. Program ini dilaksanakan secara berjenjang, diantaranya :
a.      Latihan Kepemimpinan dan Manajerial Siswa Pra- Tingkat Dasar (LKMS Pra-TD)
Pelatihan ini diperuntukkan untuk seluruh siswa baru dengan materi yang difokuskan pada manajemen diri.
b.      Latihan Kepemimpinan dan Manajerial Siswa Tingkat Dasar (LKMS TD)
Pelatihan ini diperuntukkan untuk para calon anggota OSIS dan anggota ekskul aktif dengan materi yang difokuskan pada manajemen kegiatan.
c.       Latihan Kepemimpinan dan Manajerial Siswa Tingkat Lanjut (LKMS TL)
Pelatihan ini diperuntukkan untuk para anggota OSIS dan anggota ekskul aktif dengan materi yang difokuskan pada manajemen organisasi.
     “Menjadi Teladan yang Amanah dan Berbudi Luhur dan Menginspirasi dalam Rangka Mewujudkan Lingkungan Sekolah Unggul”
  Aktif mengadakan kampanye gerakan kebaikan dalam bentuk media cetak maupun media online

      Mading & Sosmed
     Aktif dalam mempublikasikan segala kegiatan maupun kutipan motivasi untuk menginspirasi seluruh siswa agar tetap semangat dan berpikir positif. Publikasi bias berupa madding maupun posting di berbagai sosmed melalui akun resmi KBM.
  “Siap Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN”
  Mengadakan berbagai kegiatan yang mendukung gerakan “SMK KBM SIAP MENGHADAPI MEA”

1.       Bulan Bahasa
      Bahasa terutama Bahasa Inggris merupakan salah satu alat penting yang mendukung kesiapan siswa kelak menghadapi MEA. Oleh karena perlu diadakan kegiatan yang mampu mendorong seluruh siswa mampu berbahasa Inggris. Adapun program yang akan dilaksanakan untuk mendukung gerakan ini adalah dengan diadakannya kompetisi Berbahasa Inggris antar siswa/kelas di lingkungan SMK Karya Bahana Mandiri
2.       Seminar MEA
           Berupa seminar yang mendatangkan ahli untuk menjelaskan atau mensosialisasikan lebih dalam pengetahuan dan hal apa yang harus dipersiapkan oleh siswa SMK dalam menghadapi  MEA.
3.       Pekan Kreativitas Siswa
          Mengadakan kompetisi antar siswa/kelas untuk menciptakan produk siap jual dalam rangka meningkatkan jiwa dan semangat kewirausahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar